Akses Microsoft Office 365 Universitas Indonesia

Universitas Indonesia melalui DSTI UI telah berlangganan aplikasi Microsoft Office 365 for Academic A3 yang dapat digunakan oleh seluruh sivitas akademika UI. Jadi buat kamu-kamu yang meyakini bahwa legalitas software adalah penting dan menggunakan software bajakan adalah dosa besar, fasilitas yang disediakan kampus UI buat mahasiswanya ini pasti sangat berguna. Alih-alih kamu belanja Microsoft Office 365 Home yang hampir sejuta per tahun itu, kamu bisa dapetin gratis dengan cara yang benar. Kamu bisa akses seluruh fasilitas Microfost Office 365 A3 termasuk di dalamnya aplikasi Word, Excel, PowerPoint, Outlook, dan OneNote. Tidak hanya itu saja, kamu juga bisa dapetin Skype for Business, OneDrive cloud storage sebesar 1TB hingga 5TB. Beberapa aplikasi office online juga tersedia melalui web portal semisal aplikasi Bookings, Calendar, Delve, Dynamic 365, Flow, Forms, People, Planner, PowerApps, Sharepoint, StaffHub, Stream, Sway, Task, Teams, To-Do, Video, dan Yammer.

Syarat paling utama hanyalah kamu menjadi mahasiswa UI dan punya alamat email UI. Kalau belum, segeralah mendaftar.

Kamu hanya perlu login di portal Microsoft Online untuk mendapatkan installer serta aplikasi microsoft online. Bagi yang belum pernah mengakses aplikasi Office 365 menggunakan akun login SSO Universitas Indonesia, berikut ini langkah-langkah yang perlu dilakukan supaya dapat mengakses semua resources Office 365 A3:

Buka Portal Login Microsoft Online

Untuk membuka portal Microsoft Online, akses melalui web browser (misal menggunakan Firefox, Chrome, Opera, Edge, Safari, atau Internet Explorer) alamat URL https://login.microsoftonline.com. Masukkan alamat email UI kamu secara lengkap, misal [email protected]. Klik Next, kamu akan diarahkan secara otomatis ke halaman login SSO UI.

Halaman Login Portal Microsoft Online

Login SSO UI

Masukkan username UI tanpa disertai @ui.ac.id. Misal untuk pengguna [email protected], masukkan username nama.pengguna saja. Kemudian masukkan juga password diikuti klik Login. Kamu bakalan diarahkan kembali ke halaman login Microsoft Online dan ditanyakan apakah akan menyimpan sesi login.

Halaman Login SSO Universitas Indonesia

Menyimpan Login

Pada halaman ini kamu diberi pilihan untuk menyimpan sesi login atau tidak. Apabila memilih untuk menyimpan sesi login, kamu tidak perlu login kembali dalam periode tertentu saat membuka halaman Microsoft Online meski web browser ditutup kemudian dibuka kembali selama tidak membersihkan history/cache di web browser. Untuk alasan keamanan, mending pilih No. Kamu selanjutnya akan diarahkan ke halaman utama (Dashboard) Office 365 A3.

Pilihan Save Session Microsoft Online

Halaman Office 365

Pada halaman dashboard Office 365, kamu bisa unduh aplikasi Office 365 untuk diinstall di komputer kamu. Klik Install Office kemudian Office 365 Apps untuk mendapatkan paket instalasi standar. Paket instalasi standar terdiri dari Microsoft Outlook, OneDrive, Word, Excel, PowerPoint, dan OneNote versi 32-bit dengan Bahasa Inggris (US-English). Apabila kamu menginginkan versi 64-bit, dalam bahasa lain (misal Bahasa Indonesia), atau untuk sistem operasi lain pilih saja Other Install Options. Kamu akan diberi berbagai pilihan sistem operasi dan versi 32-bit atau 64-bit. Kamu juga bisa unduh installer Skype for Business. Setelah selesai mengunduh, install aplikasi di komputer.

Halaman Dashboard Microsoft Office 365 Online

Login Pada Aplikasi Office

Untuk mengaktifkan aplikasi yang terpasang di komputer, kamu cukup buka salah satu aplikasi Microsoft Office, login menggunakan alamat email UI lengkap. Kamu akan diarahkan menuju halaman SSO Universitas Indonesia. Login seperti langkah Login SSO UI yang saya jelaskan di bagian sebelumnya. Setelah login, aplikasi Microsoft Office yang terpasang di komputer akan otomatis teraktivasi. Kamu bisa mengaktifkan aplikasi Microsoft Office untuk 5 perangkat.

Login SSO Universitas Indonesia dalam Aplikasi Office 365

Alternatif Mendapatkan Installer

Alternatif lain untuk mendapatkan installer Office 365 adalah melalui Application Store. Pengguna perangkat Google Android bisa mendapatkan aplikasi Word, Excel, dan PowerPoint melalui Google Play Store. Pengguna Apple MacOS dan iOS bisa mendapatkan aplikasi melalui Apple App Store. Pengguna Microsoft Windows juga bisa mendapatkan melalui Microsoft Store.

Microsoft Office 365 di App Store

Ukuran file installer Office 365 lumayan besar, jadi bagi kamu-kamu yang punya internet lambat atau kuota terbatas, mendingan main deh ke Perpustakaan UI buat numpang download.

 

3 Comments
  1. Riezal Achmadi says

    Apa bisa digunakan untuk aktivasi Microsoft Office 2013? Komputerku udah ada Office 2013 pake KMSPico.

    1. Muh Ahsan says

      Tidak bisa. Sebaiknya uninstall dulu Office 2013 beserta KMSPico-nya kemudian install Microsoft Office 365. Aktivasi dengan akun Microsoft Online yang saya tulis di atas hanya bisa untuk Microsoft Office 365.

  2. Sartika Mariani says

    Terima kasih. Saya coba pakai email @sci.ui.ac.id tidak bisa, tetapi pakai @ui.ac.id bisa.

Situs ini menggunakan cookie untuk meningkatkan pengalaman Anda dalam menelusuri situs ini. Kami akan menganggap Anda setuju dengan ini, tetapi Anda dapat memilih meninggalkan halaman ini jika tidak setuju. SetujuBaca Selengkapnya