Kebutuhan Memori HP

Sebenarnya, seberapa besar memori HP yang saya perlukan untuk keperluan yang ‘biasa-biasa’ saja?

Pertanyaan ini bagi saya jawabannya sudah ada, tetapi perlu di-‘break down’ ke kategori dan sub-kategori supaya lebih jelas untuk apa saja memori yang sudah terpakai. Sebagai informasi, saya memakai handphone Oppo F5 dengan RAM 4GB dan memori internal 32GB. Dari 32GB ini hampir 10GB terpakai hanya untuk sistem operasi Android sehingga tersisa 22GB untuk keperluan yang lebih fleksibel. Untuk apa saja dan bagaimana saya menggunakan penyimpanan 22GB?

Pertama, saya menggunakan aplikasi WhatsApp (60MB), Apple Music (119MB), Telegram (43MB), OneDrive (95MB), OpenVPN (26MB), Twitter (69MB), Instagram (66MB), dan Facebook (54MB). Dua aplikasi yang terakhir saya sebut lumayan jarang saya buka. Selain aplikasi yang sering saya buka masih ada aplikasi yang bagi saya mandatory harus ada. Ada aplikasi Adobe Acrobat (139MB), Word (83MB), Excel (93MB), PowerPoint (103MB), Norton Mobile (45MB), QuickEdit (12MB), dan ZArchiver (10MB). Ukuran aplikasi yang saya sebutkan hanya aplikasi saja tanpa data atau cache untuk aplikasi tersebut. Kira-kira total aplikasi dan cache menjadi 3,6GB.

Selain untuk aplikasi, ada keperluan lain yaitu penyimpanan gambar dan video. Bisa berupa hasil foto, rekaman, download, edit, atau capture. Untuk urusan gambar ini saya biasanya melakukan backup rutin ke cloud (OneDrive) kemudian yang ada di HP saya hapus. Dalam waktu satu bulan saya biasanya ‘memproduksi’ gambar dan video sekitar 400MB sebelum saya backup. Keperluan lainnya terkait multimedia adalah musik dari Apple Music yang saya download (alih-alih harus streaming terus). Kira-kira saya hanya memerlukan 300MB untuk semua playlist yang saya buat. Total untuk multimedia 700MB.

Urusan dokumen saya terkadang membuat folder temporary di internal HP sebelum saya pindahkan ke USB flash disk OTG atau saya upload ke OneDrive. Untuk keperluan ini saya hanya memerlukan storage tak lebih dari 200MB. Ada lagi audio-call-recording yang saya backup rutin setiap akhir bulan rata-rata dalam satu bulan tak lebih dari 50MB. Meski tidak signifikan tapi rasanya perlu saya tambahkan juga. Jadi untuk keperluan dokumen saya hanya perlu 250MB.

Total untuk keseluruhan aplikasi, multimedia, dan dokumen saya hanya perlu sekitar 4,6GB. Jika ditambahkan dengan sistem operasi Android yang kira-kira 10GB maka total minimum memori yang saya perlukan sebesar 14,6GB. Rasanya bagi saya HP dengan memori 16GB sudah cukup. Terbukti dari 32GB memori HP Oppo F5 yang saya gunakan masih tersisa17GB

Situs ini menggunakan cookie untuk meningkatkan pengalaman Anda dalam menelusuri situs ini. Kami akan menganggap Anda setuju dengan ini, tetapi Anda dapat memilih meninggalkan halaman ini jika tidak setuju. SetujuBaca Selengkapnya

%d blogger menyukai ini: