Electronic Sports

Kepada bapak-bapak dan ibu-ibu barangkali ada yang sedikit gamang dengan istilah e-Sports. Saya coba gambarkan secara sederhana bahwa e-sports itu ya hampir sama dengan turnamen atau kompetisi olahraga biasa, tetapi cabang yang dilombakan adalah game multiplayer (online game). Atletnya ada, yaitu para gamer yang biasanya dari berbagai tim e-sport.

ANALOG antara Sport dengan e-Sport
Stadion – Online Server
Cabang Olahraga (Sepakbola) – Game (Dota 2)
Pesepakbola (Zidane) – Gamer (Dahnil ‘Dendi’ Ishutin)
Tim Sepakbola (AC Milan) – Tim e-Sports (Natus Vincere)
Kompetisi (Piala Dunia) – Kompetisi (LoL World Championship)

e-Sports ini memang tengah berkembang pesat di dunia dan digandrungi anak muda maupun generasi milenial. Indonesia termasuk sedikit di belakang dalam pengembangan ekosistem e-Sports jika dibandingkan dengan US, Russia, Ukraina, China, Taiwan, Jepang, dll. Di Asia Tenggara negara yang termasuk merespon cepat perkembangan e-Sport adalah Singapura dan Malaysia. Meski sedikit di belakang tetapi bukan berarti terlambat.

Untuk gambaran seberapa besar perputaran uangnya. Salah satu kompetisi e-Sport dunia, League of Legends World Championship 2018 memberikan hadiah dalam kejuaraan sebesar 11 juta USD. Bahkan kejuaraan DOTA2 Dunia hadiah untuk event tahun 2018 sebesar 25 juta USD.

Berikut salah satu contoh event grand final e-sport hanya untuk satu game. Hampir setiap kejuaraan dunia untuk game populer semacam DOTA2, League of Legends, Counter Strike, Rainbow Six selalu ramai dan diminati oleh kalangan muda dunia. Perusahaan semacam Mastercard, PSG, Redbull dan beberapa ada lagi pun menanamkan modalnya di ranah e-Sport.

Indonesia saya yakin bisa menyelenggarakan event e-sport sebesar ini. Jadikan gelanggang olahraga seukuran Istora Senayan sebagai arena of e-sport.

Arena of e-Sports image:
Bloomberg (Inside Tencent's Gambit to Dominate a $13 Billion Esports Arena, 25 Juli 2018)

Situs ini menggunakan cookie untuk meningkatkan pengalaman Anda dalam menelusuri situs ini. Kami akan menganggap Anda setuju dengan ini, tetapi Anda dapat memilih meninggalkan halaman ini jika tidak setuju. SetujuBaca Selengkapnya

%d blogger menyukai ini: