Naik Ojek Online di Stasiun Jogja

Sudah delapan bulan belakangan ini saya sedikitnya dua minggu sekali selalu melakukan perjalanan Jakarta-Jogjakarta karena anak dan istri sementara ini tinggal di Jogja. Hampir setiap kali pulang ke Jogja saya selalu memilih moda transportasi kereta api. Harga tiket untuk kelas non-PSO (ekonomi premium, bisnis, eksekutif) masih lumayan bisa saya beli.

Awal tahun lalu saya masih lumayan santai setiap kali tiba di stasiun karena begitu saya turun kereta, bisa langsung order Go-Jek, Grab, atau Uber (dulu Uber masih ada) dan dijemput tukang ojek tepat di depan pintu keluar stasiun. Namun, semenjak ada beberapa kali keributan antara ojol dan opang di berbagai daerah, rupanya Jogja hampir tak luput dari provokasi ojol vs opang.

Di dua stasiun utama Jogjakarta (Stasiun Tugu dan Lempuyangan), sekarang sudah ada “pembagian wilayah” antara ojol dan opang. Seperti halnya di beberapa kota lain, ojol tak bisa sembarangan mengambil sewa penumpang di pusat-pusat keramaian. Karena pembagian ini, tukang ojek online tidak mau menjemput penumpang di pintu keluar stasiun. Berikut ini lokasi penjemputan ojek online sekitar stasiun di Yogyakarta:

Stasiun Yogyakarta/Tugu

Di Stasiun Yogyakarta (stasiun Tugu), lokasi pick-up atau penjemputan penumpang ada di seberang Hotel Neo (buka di google maps). Untuk menuju lokasi tersebut, calon penumpang keluar melalui pintu selatan, kebetulan sekarang yang dibuka hanya pintu selatan sebagai pintu keluar penumpang. Dari pintu selatan cukup berjalan kaki keluar gerbang dan menyusuri trotoar ke arah kiri tanpa menyeberang jalan raya ke arah Hotel Neo, searah dengan kalau mau jalan kaki ke Malioboro. Trotoarnya lumayan lebar dan selalu ramai. Lokasi Hotel Neo ada di sebelah kanan jalan.

Lokasi penjemputan ojol Stasiun Tugu (maps via Apple Maps)

Supaya lebih gampang, saya gambarkan di tangkapan layar peta. Ada zona yang saya tandai warna merah di sebagian Jl. Pasar Kembang dan di dalam kompleks stasiun. Jangan minta jemput tukang ojek online di area tersebut. Berjalanlah sesuai yang saya tunjukkan tadi, menuju area Hotel Neo.

Stasiun Lempuyangan

Di Stasiun Lempuyangan lokasi penjemputan ada di bawah jembatan layang/ flyover (buka di google maps). Begitu keluar gerbang Stasiun Lempuyangan, berjalan ke kiri menyusuri jalan raya sampai ujung pertigaan di bawah jembatan layang. Selanjutnya, berjalan ke kiri menyeberang perlintasan kereta sebidang. Lokasi penjemputan tepat di sebelah perlintasan sebidang dan tempat putar balik kendaraan (U turn), berupa taman kecil di pinggir jalan.

Sepanjang Jalan Stasiun Lempuyangan merupakan zona merah. Demi kebaikan bersama, jangan meminta jemput di zona merah. Jalan saja sedikit ke arah perlintasan di bawah jembatan layang. Khusus lokasi di bawah jembatan layang ini, ada baiknya pastikan tidak sendirian karena lokasinya agak sepi. Kalau sepi, sebaiknya tunggu saja tepat di pertigaan sebelum melewati perlintasan sebidang. Lokasi tersebut lumayan terang dan ada angkringan juga di pertigaan.

Lokasi penjemputan ojol Stasiun Lempuyangan (maps via Apple Maps)

Untuk penumpang ojek online yang menuju Stasiun Tugu maupun Lempuyangan, sejauh ini tidak ada masalah untuk menurunkan penumpang di dekat pintu masuk stasiun.


Tulisan ini dibuat karena ada pengunjung nyasar di blog ini via google search dengan kata kunci lokasi pesan ojek online stasiun lempuyangan.

Tinggalkan Balasan

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More

%d blogger menyukai ini: