Ngeblog, Kesekian Kalinya

By Muh.Ahsan 10 months agoNo Comments

Saya tergelitik untuk menulis ini setelah membaca catatan Pak Sawali dan Mas Nanang soal ngeblog dan kopdar.

Saya termasuk blogger yang mengalami masa keemasan blogging di Indonesia yang kira-kira terjadi sekitar tahun 2008-2010. Meski dalam kenyataan selalu ada pasang-surut soal komsistensi saya dalam menghadirkan tulisan di blog, saya tetap menyukai blogging sebagai platform yang bebas dan relatif lebih tenang jika dibandingkan jejaring sosial OTT semacam facebook atau twitter. Melalui kebebasan menuangkan tulisan, saya merasa lebih bisa tenang untuk mengungkapkan pandangan di blog. Saya terbebas dari kekhawatiran pergumulan debat panas nan emosional seperti yang saya (mungkin juga anda) sering lihat di facebook.

Blog memang menyediakan kolom untuk siapa saja berkomentar. Tetapi tidak selalu orang ‘selo’ untuk menulis komentar pada sebuah tulisan blog, karena tidak semudah komentar di facebook. Pengguna facebook merasa punya ‘keyakinan’ komentarnya akan dibaca/didengarkan oleh siapa saja temannya yang aktif di jejaringnya. Berbeda dengan blog, orang yang berkomentar biasanya karena memang ingin berpendapat mengutarakan sesuatu dan tidak terlalu berharap banyak akan dibaca orang lain. Paling tidak ditanggapi penulis pun sudah senang bukan kepalang, meski sebatas ucapan terimakasih telah berkunjung.

Saya memang akhir-akhir ini jarang menulis di blog, tetapi sebenarnya saya jauh lebih jarang nyetatus (update status) di facebook atau ngetweet (update tweet) di twitter. Blog masih menjadi tempat yang nyaman untuk menuangkan pemikiran tanpa menimbulkan banyak konfrontasi, tidak seperti di facebook yang lebih mirip agregasi status dari teman beserta agregasi komentar-komentar siapa saja langsung melihat hampir secara realtime.

Jika kamu lelah dengan perdebatan di facebook, berbicaralah dengan orang di dunia nyata.

Belum tahu siapa yang bilang begitu? Dia adalah Barrack Obama dalam pidato penutupannya sebagai Presiden Amerika Serikat. Berarti, masih sangat fresh dan baru kemarin kan? Ya, ungkapan itu memang baru kemarin dilontarkan. Pak Barrack Obama, yang seorang presiden selama dua periode lalu pun menyadari betapa pentingnya kopdar untuk merelaksasi otak yang kelelahan berdebat online.

Pak Sawali dan Mas Nanang melalui tulisannya melepaskan uneg-uneg mengenai surutnya acara kopdar sejati, kopdar seperti masa-masa kejayaan ngeblog tahun 2008-2010. Bahkan Pak Sawali mengungkapkan meski banyak bermunculan blog-blog baru, tetapi nyawa blognya bukan seperti nyawa blogger pada masa 2008-2010 lalu.

Mungkin kalau memang diantara kita bosan membaca feed di facebook yang sering panas dan melelahkan, sudah saatnya kita menyapa blog milik kita, saling berkunjung dan meninggalkan jejak di blog teman kita. Mungkin kalau memang diantara kita sudah lelah dengan perdebatan di facebook, sudah saatnya kita kopdar.

Category:
  Personal
this post was shared 0 times
 000

Leave a Reply

%d bloggers like this: