Mengisi Baterai HP Saat Perjalanan Tidak Disarankan

Barangkali anda pernah mengeluh karena mengisi baterai menggunakan port USB media player di mobil terasa lambat atau pernah juga HP menjadi panas saat pengisian daya melalui lighter charger mobil. Mengapa?
By Muh.Ahsan 7 days agoNo Comments

Arus Terlalu Lemah

Barangkali ada yang mengeluh karena mengisi baterai menggunakan port USB media player di mobil terasa lambat. Hal ini terjadi karena salah satunya adalah arus dari port USB di mobil terlalu lemah. Biasanya, port USB pada media player mobil dibatasi maksimal arus yang dapat dilewatkan 500mA atau 800mA. Apabila terus menerus digunakan untuk mengisi baterai HP (kebanyakan HP saat ini menggunakan standar arus 1000mA atau 2100mA) masa pakai komponen internal pada media player akan berkurang, lebih cepat aus.

Arus Terlalu Kuat

Ada juga yang mengeluhkan HP menjadi panas saat mengisi baterai di mobil menggunakan lighter charger. Ini karena beberapa lighter charger pada mobil mampu mengalirkan arus hingga 10A, sementara kebutuhan untuk mengisi baterai HP hanya 1000mA atau 2100mA. Kelebihan arus ini menyebabkan regulator arus pada HP harus bekerja ekstra untuk membendung arus 10A supaya yang masuk cukup 1000mA, 2100mA atau sesuai dengan spesifikasi sistem pengisian daya pada HP.

Tegangan Tidak Stabil

Tegangan tidak stabil ini biasanya terjadi pada kendaraan yang daya listriknya bersumber langsung dari hasil konversi putaran mesin. Artinya tegangan dan daya yang dihasilkan berubah-ubah mengikuti kecepatan putar mesin. Pada saat putaran mesin tinggi, tentu tidak ada masalah dengan tegangan karena sudah ada system pembatas supaya output dari generator maksimal tidak melebihi tegangan tertentu (12V misalnya). Tetapi dalam beberapa beberapa kasus, putaran mesin rendah menyebabkan tegangan yang dihasilkan kurang dari itu. Tegangan dan arus yang tidak stabil ini yang berpotensi merusak sistem pengisian daya baterai HP.

Boros Daya Aki

Saat mesin kendaraan dalam posisi mati, beberapa jenis kendaraan tetap menyediakan listrik untuk menyalakan lampu, menyalakan music, dan ada beberapa untuk pengisian daya baterai melalui USB port. Listrik untuk semua itu disuplay dari aki. Artinya dalam kondisi mesin mati, daya aki terpakai untuk semua aktifitas tersebut, termasuk mengisi daya HP. Akibatnya daya pada aki lebih cepat habis, lebih boros.

Category:
  Personal
this post was shared 0 times
 100

Leave a Reply

%d bloggers like this: