Mencari Setya Novanto

Cara mencari alamat orang memanfaatkan data KPU.
By Muh.Ahsan 4 weeks agoNo Comments

Menjaga privasi diri sendiri di internet itu susahnya minta ampun. Saya sendiri mulai berusaha untuk lebih berhati-hati menyebarkan data pribadi, meskipun kalau saja ada orang mencari di google dengan kata kunci nama saya, hasilnya masih lumayan banyak dan cukup detail. Terutama informasi yang cukup detail ini berasal dari upload orang lain atau saya berkomentar di tempat lain di mana saya tidak punya kendali atas konten tersebut. Bahkan kalau mau lebih teliti, bisa didapatkan nomor HP yang pernah saya gunakan pada tahun 2010.

JEJAK MASA LALU YANG TERTINGGAL

Untuk data-data yang masih bisa saya kendalikan, saya sudah menyesuaikannya, tetapi sekali lagi masih tetap ada data-data yang tersebar terutama yang sudah tidak dapat saya kendalikan kontennya. Misal saja komentar di blog orang lain, posting orang lain yang menyertakan identitas saya, atau bahkan data negara yang memang terbuka untuk diakses publik. Misalnya untuk data DPT yang dirilis KPU, data kemahasiswaan Ristek Dikti, data kelulusan sekolah Kemendikbud, dan masih banyak lagi data yang di dalamnya terdapat identitas saya secara detail yang sudah diluar kontrol saya.

Kalau ada data saya di basis data yang bisa diakses publik, artinya ada juga data orang lain yang terdapat di dalamnya. Itulah yang kali ini akan saya ceritakan, bagaimana saya mencari dan menemukan alamat orang lain, dalam hal ini melalui data KPU.

Google saya sebutkan karena memang mesin pencari itulah yang familiar bagi kebanyakan orang. Bagaimana kalau hasil pencarian lewat google kurang memuaskan? Saya biasanya iseng mencari di data DPT yang dimiliki KPU (bisa diakses publik).

Hasil Pencarian di Google

Hasil Pencarian di Google

Contohnya, saya mencari Setya Novanto orang Jakarta Selatan tapi nggak tau alamat detailnya di mana. Pertama, saya cari di data KPU tahun 2018. Hasil pencarian ternyata tidak ada yang menunjukkan rumah Jakarta Selatan (Tahun 2018 tidak ada Pilkada di Jakarta Selatan).

Hasil Pencarian Melalui Data KPU 2018

Hasil Pencarian Melalui Data KPU 2018

Kemudian saya beralih ke DPT tahun 2017, hasilnya ada nama Setya Novanto yang alamatnya di Jakarta Selatan.

Hasil Pencarian Melalui Data KPU 2017

Hasil Pencarian Melalui Data KPU 2017

Apakah Setya Novanto yang muncul di pencarian tersebut adalah Setya Novanto yang kita cari? Korelasikan dengan data-data pencarian lain di internet, kalau ternyata lebih banyak data yang saling menguatkan ya kemungkinan besar memang benar itulah alamat orang yang sedang dicari.

Bagaimana dengan data minor yang justru bertolak belakang? Biasanya saya jadikan opsi kedua untuk data-data yang seperti ini.

Misal, beberapa hari yang lalu saya diminta bantuan teman untuk mencarikan seseorang. Saya hanya memberikan informasi dari hasil pencarian dengan cara yang legal dan dengan data-data yang diperbolehkan untuk diakses publik saja.

Hasilnya cukup detail dan beberapa data saling menguatkan meski ada beberapa data minor yang bertolak belakang. Apakah hasil yang diperoleh benar? Tentu saja hanya bisa dibuktikan kalau kita mendatanginya langsung untuk pembuktian. Meski dari data-data sample tersebut bisa diperoleh probability 90% tetap ada kemungkinan saat didatangi lokasi terebut ternyata salah, ternyata orang yang dicari ada di populasi yang 10%.

Image Source: Jakarta Selatan – detikcom.

Category:
  Personal
this post was shared 0 times
 200

Leave a Reply

%d bloggers like this: