Sejak pertama kali aku upgrade Lumia 930 saya ke Windows 10 Mobile, aku merasa ada sesuatu yang salah dengan ponselku. Baterai ponselku sangat cepat habis, melebihi saat masih menggunakan Windows Phone 8.1. Sebelumnya dalam satu siklus pengisian, ponselku bisa menyala seharian penuh atau bahkan lebih. Namun, setelah upgrade ke Windows 10 Mobile justru tak bertahan bahkan untuk sehari. Sekali diisi penuh hanya bisa bertahan sekitar 14 jam saja.

Secara teknis tidak ada masalah dari sisi perangkat keras, jadi kesimpulanku ini sepenuhnya karena piranti lunak. Aku mencoba beberapa pengaturan yang menurutku bisa memperlambat proses discharging supaya lebih hemat baterai. Setelah kulakukan pengaturan, sekarang ponselku bisa bertahan lebih lama dengan Windows 10 Mobile. Beberapa hal yang kulakukan diantaranya:

Hemat dari Aplikasi-nya

Windows 10 Mobile termasuk ketat mengenai penanganan aplikasi yang bisa berjalan di background. Windows 10 menyediakan pengaturan khusus yang digunakan untuk menentukan pengguna mengenai apa saja yang diperbolehkan berjalan di background dan tidak, bahkan termasuk yang berjalan di background pada saat mode battery saver diaktifkan. Prinsipnya, semakin sedikit aplikasi yang berjalan di frontend maupun background, semakin hemat baterai. Pengaturan ini ada di Settings, System, Battery Saver, Battery Use. Untuk pengaturan ini, aku hanya memperbolehkan aplikasi WhatsApp dan Skype yang dapat berjalan sepenuhnya di background.

Selanjutnya yang juga sangat membantu dalam hal penghematan baterai yaitu dengan matikan sinkronisasi akun email, kalender, atau kontak otomatis. Atur sinkronisasi menjadi manual, atau ambil saja pengaturan ke periode paling panjang. Pengaturan ada di Settings, Accounts, Your Email & Accounts, kemudian pilih salah satu akun, Manage, Change Mailbox Sync Settings. Atur menjadi manual atau periode yang mencukupi dan dapat ditoleransi mengenai keterlambatan membaca-nya. Misal saya memiliki dua akun email pribadi dan satu email kantor. Untuk email pribadi OK lah tidak ada masalah kalaupun baru baca setengah hari setelahnya, jadi aku set sinkronisasi manual. Sementara untuk email kantor meski sebenarnya butuh cepat, tetapi masih ada toleransi kalau terlambat satu atau dua jam. Toh kalau misal butuh dibalas cepat, biasanya pengirim menghubungi melalui media komunikasi lain semisal whatsapp atau telepon untuk sekedar konfirmasi kalau baru kirim email. Jadi untuk email kantor aku set sinkronisasi tiap dua jam.

Cara lainnya, matikan notifikasi banner dan getaran. Kenapa? Karena ketika ada notifikasi masuk dan notifikasi banner diaktifkan makan seketika notifikasi masuk maka layar akan menyala, tentu saja sering-sering layar nyala akan semakin boros baterai. Nah, getaran (vibrate) karena untuk menimbulkan getaran mekanik diperlukan listrik untuk memutar motor, maka sudah jelas butuh energi juga kan. Nah pengaturannya ada di Settings, System, Notifications & Actions, pilih aplikasi, kemudian set off banner notification dan set off vibrate notification. Kalau aplikasinya nggak penting-penting amat, nggak usah pakai notif-notifan juga lebih bagus.

Hemat dari Layar-nya

Untuk yang ini sepertinya tidak perlu dijelaskan detil. Pada prinsipnya semakin terang atau semakin cerah layar, energi yang diperlukan semakin besar. Nah, artinya supaya lebih hemat energy maka tinggal dikurangi saja brightness dan vividness layar.

Pengaturan brightness ada di Settings, System, Display atur brightness level ke low (paling rendah). Kalau perlu matikan pengaturan kecerahan otomatis (auto adjustment), masih di menu pengaturan yang sama. Selain di menu tersebut, apabila masih kurang rendah brightness-nya masuk ke menu Settings, Extras, Display, Adjust Brightness Profile. Geser ke posisi paling kiri (paling rendah).

Pengaturan vividness ada di Settings, Extras, Display, Adjust Colour Profile. Nah, pada bagian ini yang paling tidak disarankan adalah mengatur pada profil vivid. Profil vivid menggunakan pengaturan tingkat kecerahan layar paling tinggi, semua range warna dimunculkan. Dengan pengaturan vivid memang tampilan menjadi lebih Indah, cantik, dan kontras warna sangat baik. Namun, lagi-lagi pengaturan ini menghabiskan baterai lebih cepat. Jadi, atur saja ke mode standard atau custom.

Tak perlu penampilan paling cantik, yang penting tetap nyaman dipandang dan bisa lebih hemat.

Nah loh, mirip sama milih cewek kan.

Ada juga pengaturan layar yang sepertinya perlu, yaitu Colour Theme. Gunakan colour theme gelap (dark) karena layar LED akan lebih sedikit mengkonsumsi energy ketika menampilkan warna gelap. Pengaturan ada di Settings, Personalisation, Colours.

Hemat di Durasi Pemakaian Hardware/Sensor Aktif

Khusus bagian ini, ada beberapa hardware/sensor yang sebenernya related dengan software (dan layar tentu saja). Pada intinya usahakan sensor tidak aktif dalam waktu lama atau terus menerus, ada sensor suara, sensor sentuh, NFC, Vibration motor.

Aplikasi Hey Cortana yang aktif membuat microphone pada ponsel selalu standby dan prosesor pengolah suara selalu aktif. Untuk mematikan Hey Cortana bisa melalui Settings, Extras, Hey Cortana.

Sensor sentuh pada layar juga tetap standby kalau pengaturan nyala layar dengan dua kali tap layar. Nah, untuk mematikan melalui Settings, Extras, Touch, Gesture matikan Double Tap Screen to Wake Up.

Pada menu pengaturan yang sama juga ada pengaturan untuk getaran saat menyentuh layar. Matikan juga Vibrate Touch di menu yang sama.

Selanjutnya matikan NFC secara default mengingat hampir kupastikan saat ini di Indonesia belum banyak penyedia jasa transaksi keuangan yang memanfaatkan NFC pada ponsel untuk verifikasi pembayaran. Pengaturannya ada di Settings, Devices, NFC.

Kalau tidak benar-benar memerlukan jaringan 4G demi kuota yang lebih murah atau kecepatan lebih bagus atur saja jaringan komunikasi data ke maksimum di 3G. Pengaturannya ada di Settings, Network & Wireless, Mobile & SIM, SIM settings, Mobile Network.

Kembali lagi soal layar, buat supaya layar sleep secepatnya setelah tidak digunakan. Atur screen timeout ke nilai terkecil. Pengaturannya ada di Settings, Personalisation, Lock Screen. Atur saja layar sleep setelah 30 detik.

Nah, banyak kan cara buat berhemat?

Sudah aku buktikan dengan pengaturan sebagaimana yang sudah kujelaskan tadi, ponsel Lumia 930 dengan Windows 10 Mobile yang kupakai mampu bertahan hampir dua hari dalam satu siklus pengisian daya (charging). Bahkan beberapa kali bisa dapet bonus lebih setengah hari. Lumayan kan darisatu kali charging cuma untuk 14 jam jadi satu kali charging untuk 48 jam. Ini keduanya dibandingkan dalam pemakaian normal lho ya. Maksudnya untuk penggunaan biasa telepon, WhatsApp, browsing, sesekali foto-foto, Skype, Instagram, dan buka-buka email.

FYI, aku dalam beberapa bulan terakhir sudah bukan lagi gadget addict.

Categories:
  Windows 10, Windows Phone
this post was shared 0 times
 200

2 Comments

  • lanang says:

    Cara membedakan windows 10 final official dengan insider …..soalnya hp lumia 540 beli bekas…..makaknx dak tau

    • Muh.Ahsan says:

      Cek di Settings > Update & Security > Windows Insider Programme.

      Kalau belum menggunakan Windows 10 Anniversary Update, cek di list aplikasi apa ada aplikasi Windows Insiders, kalau ada coba buka dan cek apakah terdaftar sebagai Insiders (Slow Ring/Fast Ring), kalau tidak terdaftar berarti Windows yang digunakan adalah versi Production Release/Final Release.

Leave a Reply

%d bloggers like this: