Fitur Baru Windows 10 Anniversary Update

By Muh.Ahsan 1 year agoNo Comments

Microsoft baru saja merilis update baru untuk Windows 10 baik untuk PC maupun Mobile. Di beberapa tempat, banyak pengguna yang mengungkapkan bahwa update ini bermasalah karena bias membuat PC hang atau tidak responsif. Beberapa pengguna yang ingin update ke Windows 10 Anniversary (1607) akhirnya mengurungkan niatnya, menunggu solusi Microsoft menyelesaikan berbagai permasalahan tersebut.

Saya pertengahan Agustus lalu sudah melakukan update, sebelum ramai soal PC hang setelah update. Sejauh ini, saya tidak mengalami hal serupa. Bahkan sampai kemudian beberapa orang menganalisa penyebabnya adalah kompatibilitas WebCam, saya tidak mengalami hal serupa meski saya juga menggunakan USB WebCam, Logitech HD Camera 310.

Terlepas dari permasalahan itu, berikut ini beberapa perubahan yang saya temukan dari Windows 10 Anniversary Update:

ACTIVE HOURS UPDATE

Pada versi baru ini, pengguna dapat menentukan “jam-jam sibuk” supaya sistem tidak melakukan update pada jam-jam tersebut.

Pengaturan Active Hour Pending Update

Pengaturan Active Hour Pending Update

PENYESUAIAN START MENU

Pada versi sebelumnya, pengguna masih perlu klik All Applications untuk menemukan shortcut ke aplikasi yang terinstall. Dalam versi baru, begitu pengguna klik Start maka semua aplikasi tertampil dan tinggal scroll up-down. Tombol power dan user diletakkan di sisi kiri bawah start menu.

Start Menu Windows 10 Anniversary Update

Start Menu Windows 10 Anniversary Update

EXTENSION/ADD-ON EDGE BROWSER

Ya, dalam update baru ini pengguna dapat menambahkan extension/add-on ke Microsoft Edge. Mirip dengan Mozilla Add-Ons, Chrome Extensions, dan Opera Extensions.

Microsoft Edge Extension Compatibility

Microsoft Edge Extension Compatibility

CORTANA

Update baru menyertakan Cortana yang lebih smart. Cortana bias menjadi translator, calculator, dan tentu saja bias jadi teman “ngobrol” pengguna. Cortana lebih pintar dalam mengenali non-native speaker, misal saya yang Jawa keminggris (ke-Inggris-Inggris-an). Fitur ini mirip fitur Find/Search di OS X, hanya saja Microsoft menghadirkan dalam Cortana yang mampu mengenali perintah suara.

Cortana Get Smarter, Calculator

Cortana Get Smarter, Calculator

SYNC NOTIFICATION CENTER

Kalau pengguna juga memakai Cortana di Android dan Windows 10 Mobile pengguna bisa mendapati notifikasi ponsel Android dan Windows muncul di komputer. Syaratnya, login menggunakan Microsoft account yang sama. Kebetulan saya menggunakan Samsung Galaxy Tab S (Android) dan Lumia 930 (Windows 10 Mobile). Meski ponsel tidak berada di dekat komputer, saya tetap mendapatkan notifikasi di Windows 10 pada komputer saya. Sekaligus, saya bisa langsung membalas SMS atau messenger langsung dari komputer.

Notification Center, notifikasi dari Android dan Lumia

Notification Center, notifikasi dari Android dan Lumia

Itu tadi beberapa fitur update yang paling saya rasakan. Beberapa update lain belum saya coba diantaranya:

BASH SHELL – Bagi pengguna linux pasti familiar dengan BASH, CSH, KSH, atau semacamnya.

VIRTUAL DESKTOP PINS – Pengguna dapat melakukan pin, menandai sebagai favorit desktop.

DARK THEME – Pengguna dapat mengatur theme Windows ke dark mode (mirip yang ada di ponsel).

WINDOWS INK – Aplikasi untuk coret-coret membuat catatan cepat atau menggambar bagi yang sudah support pen/stylush.

CONNECT APP – Komputer dapat dijadikan secondary display secara wireless, seperti miracast display.

Dan masih banyak lagi update fitur baru wi Windows 10 Anniversary Update (1607).

Minggu ini saya juga mendapatkan Aniversary update (1607) untuk Windows 10 Mobile di ponsel saya Lumia 930. Hal yang paling saya rasakan setelah update adalah penggunaan daya baterai jauh lebih hemat dari sebelumnya. Selengkapnya, tunggu update berikutnya ya.

Category:
  Windows 10
this post was shared 0 times
 200

Leave a Reply

%d bloggers like this: